SILABUS SMA (XII)
Nama : Zu
SILABUS
SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : XII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. |
|
|
|
|
|
|
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada
ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta
responnya sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan
yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Teks lisan untuk (a) mengawali penyampaian berita
atau informasi mengejutkan serta responnya.
Masing-masing
diajarkan terpisah.
Zahra : Have
you heard the latest news about our school?
Raisa : No. What about it? Zahra : It got Grade A from the National Accreditation Body. Raisa : Wow! That’s terrifi. We should be very proud. Zahra : We are. It means that our school is of good quality.
Fungsi sosial :
Menjaga hubungan transaksional
dengan guru,teman dan orang lain.
Struktur teks :
(ungkapan hafalan,tidak perlu
dijelaskan tata bahasanya)
a. have
you heard the latest news today?. You know what?. I have news update today.
b. wow!
That’s great. Really?. That’s terrific!. Oh my god!
Unsur Kebahasaan :
(1) Kosa kata dan tata bahasa baku.
Risna
: Hi, Fadil. You sound terrible.
Are you all right?
Fadil : No, I am not. I can’t go to school today. Risna : Oh, I am sorry to hear that. What’s the problem? Fadil : My stomach hurts terribly. I think I have a fever as well. Risna : Oh, no. You have to see the doctor soon. Get well soon.
(2) Ejaan dan tanda baca.
Our favorite
Anis: my
favorite singer Maher Zain
is touring again here next month.
Nisa’: really
? I wanna see him.
(3) Ucapan dan intonasi
ida : You know what? My extended
family is going to
hold a surprise birthday party for my grandmother next week. Dana : Wow! That sounds great. How old is she?
Topik :
Berbagai hal terkait dengan informasi apa yang mereka dengar, selama
proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
|
Masing-masing
menggunakan prosedur yang sama.
Mengamati:
· Siswa terbiasa atau sering
mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya,dalam bahasa
inggris,bahasa indonesia dan bahasa lain, untuk menjaga hubungan
transaksional dengan ungkapan yang sesuai dengan konteksnya (keteladanan).
· Siswa dituntun untuk mencontoh
keteladanan tersebut dengan memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa
inggris, untuk
menjaga hubungan transaksional dan sesuai dengan konteksnya.
Menanya :
Dengan bimbingan
dan arahan guru,siswa menanyakan dan mempertanyakan
bagaimana memberikan informasi atau hal yang mengejutkan,responnya dalam bahasa inggris
dengan yang ada dalam bahasa indonesia,kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
Mengumpulkan
informasi:
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh, serta menirukan contoh interaksi untuk
memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta
responnya dalam bhasa ingris dari film,kaset,buku,teks dan sebagainya.
dalam
bahasa inggris dengan ucapan, intonasi,
dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi cirri-ciri (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan) memberikan informasi atau hal yang
mengejutkan, serta responnya.
· Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa inggris untuk
memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnnya, dalam
konteks simulasi pemelajaran, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
· siswa membandingkan ungkapan memberikan
informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya yang telah dipelajari
tersebut dengan yang ada di sumber lain.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsure kebahasaan yang benar.
Mengkomunikasikan
· siswa berupaya menggunakan bahasa inggris
setiap kali muncul kesempatan untuk memberikan informasi atau hal
mengejutkan, serta responnya.
· Siswa membicarakan yg dia alami dengan
bahasa inggris, untuk memberikan berita atau hal yg mengejutkan serta
responnya.
|
Siswa dapat mengetahui
a) penyampaian berita atau
informasi serta responnya.
· Siswa dapat melakukan dialog dengan temannya baik menggunakan bahasa
inggris juga bahasa indonesia ataupun bahasa lain.
· Siswa dapat menjawab atau merespon secara lisan dan juga tertulis.
· Siswa dapat menjawab atau merespon ucapan guru.
· Siswa dapat membuat teks informasi dan hal yang mengejutkan, serta
responnya.
|
Kriteria penilaian
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial
a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan
a.penyampaian berita atau
informasi serta responnya.
· Tingkat ketepatan unsure kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan,
intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
· Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai ungkapan
a.penyampaian berita atau
informasi serta responnya.
Cara Penilaian
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau berpain
peran (role play) untuk a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.
Observasi
Penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan
secara lebih cepat.
· Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa inggris untuk
a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.
· Observasi terhadap kesungguhan
siswa dalam setiap proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melakukan
komunukasi di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri
Hasil pekerjaan atau tugas
siswa secara tertulis dalam buku belajar sederhana tentang pengalaman belajar
a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.
|
10 JP
|
· Buku teks wajib siswa
· Keteladanan ucapan dan tindakan guru.
· Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/ DVD/ Video.
· Contoh interaksi tertulis.
|
|
Komentar
Posting Komentar