SILABUS SMA (XII)


Nama : Zu
SILABUS SMA/MA/SMK
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas                           : XII
Kompetensi Inti           :
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :   Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Materi Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.







2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru
dan teman.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.






3.2  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, serta responnya sesuai dengan konteks penggunaanya.

4.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang mengejutkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks lisan untuk (a) mengawali penyampaian berita atau informasi mengejutkan serta responnya.

Masing-masing diajarkan terpisah.

Zahra : Have you heard the latest news about our school?
Raisa : No. What about it?
Zahra : It got Grade A from the National Accreditation Body.
Raisa : Wow! That’s terrifi. We should be very proud.
Zahra : We are. It means that our school is of good quality.

Fungsi sosial :
Menjaga hubungan transaksional dengan guru,teman dan orang lain.

Struktur teks :
(ungkapan hafalan,tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)

a. have you heard the latest news today?. You know what?. I have news update today.

b. wow! That’s great. Really?. That’s terrific!. Oh my god!

Unsur Kebahasaan :

(1)   Kosa kata dan tata bahasa baku.
Risna : Hi, Fadil. You sound terrible. Are you all right?
Fadil : No, I am not. I can’t go to school today.
Risna : Oh, I am
sorry to hear that. What’s the problem?
Fadil : My stomach hurts terribly. I think I have a fever
as well.
Risna : Oh, no. You have to see the doctor soon.
Get well soon.
(2)   Ejaan dan tanda baca.
Our favorite
Anis: my favorite singer Maher Zain is touring again here next month.
Nisa’: really ? I wanna see him.
(3)   Ucapan dan intonasi
ida : You know what? My extended family is going to
hold a surprise birthday party for my grandmother
next week.
Dana : Wow! That sounds great. How old is she?

Topik :
Berbagai hal terkait dengan informasi apa yang mereka dengar, selama proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.

Masing-masing menggunakan prosedur yang sama.
Mengamati:
· Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya,dalam bahasa inggris,bahasa indonesia dan bahasa lain, untuk menjaga hubungan transaksional dengan ungkapan yang sesuai dengan konteksnya (keteladanan).
· Siswa dituntun untuk mencontoh keteladanan tersebut dengan memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya dalam bahasa inggris, untuk menjaga hubungan transaksional dan sesuai dengan konteksnya.
Menanya :
Dengan bimbingan dan arahan guru,siswa menanyakan dan mempertanyakan bagaimana memberikan informasi atau hal yang mengejutkan,responnya dalam bahasa inggris dengan yang ada dalam bahasa indonesia,kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
Mengumpulkan informasi:
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh, serta menirukan contoh interaksi untuk memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya dalam bhasa ingris dari film,kaset,buku,teks dan sebagainya.
dalam bahasa inggris dengan ucapan, intonasi, dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi cirri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan) memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya.
· Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa inggris untuk memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnnya, dalam konteks simulasi pemelajaran, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
· siswa membandingkan ungkapan memberikan informasi atau hal yang mengejutkan, serta responnya yang telah dipelajari tersebut dengan yang ada di sumber lain.
· Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsure kebahasaan yang benar.
Mengkomunikasikan
·   siswa berupaya menggunakan bahasa inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberikan informasi atau hal mengejutkan, serta responnya.
·   Siswa membicarakan yg dia alami dengan bahasa inggris, untuk memberikan berita atau hal yg mengejutkan serta responnya.
Siswa dapat mengetahui
a) penyampaian berita atau informasi serta responnya.
·   Siswa dapat melakukan dialog dengan temannya baik menggunakan bahasa inggris juga bahasa indonesia ataupun bahasa lain.
·   Siswa dapat menjawab atau merespon secara lisan dan juga tertulis.
·   Siswa dapat menjawab atau merespon ucapan guru.
·   Siswa dapat membuat teks informasi dan hal yang mengejutkan, serta responnya.
Kriteria penilaian

·  Tingkat ketercapaian fungsi sosial

a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.

·  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur ungkapan
a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.

·  Tingkat ketepatan unsure kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.

·  Sikap santun, peduli, dan percaya diri yang menyertai ungkapan
a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.

Cara Penilaian

Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau berpain peran (role play) untuk a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.

Observasi
Penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat.
·   Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa inggris untuk a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.
·   Observasi terhadap  kesungguhan siswa dalam setiap proses pembelajaran di setiap tahapan.
·   Observasi terhadap kesantunan dan kepedulian dalam melakukan komunukasi di dalam dan di luar kelas.

Penilaian diri
Hasil pekerjaan atau tugas siswa secara tertulis dalam buku belajar sederhana tentang pengalaman belajar a.penyampaian berita atau informasi serta responnya.



10 JP
·  Buku teks wajib siswa
·  Keteladanan ucapan dan tindakan guru.
·  Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD/ DVD/ Video.
·  Contoh interaksi tertulis.
·  Sumber dari internet, seperti http://wikipedia.co.id



Komentar

Postingan Populer